Assalamualaikum :) This is my journal, my activities and experiences, as well as writing science.

Sabtu, 03 Desember 2016

Posted by Saras Gusvita on 00.56 with No comments


Apa yang dibenak Anda ketika Anda kuliah di jurusan Psikologi dan lulusan menjadi sarjana Psikologi? Yah, pasti peluang kerja yang mungkin cukup besar di lapangan kerja di benak Anda.
Sebagian besar orang dari kita hanya mengetahui lulusan sarjana Psikologi  dapat bekerja sebagai dosen, psikolog ataupun sebagai HRD dalam suatu perusahaan.
Tahun 2007 setidaknya terdapat 56 divisi dalam spesialisasi Psikologi. Bidang yang terakhir kali adalah psikologi trauma.   

Disini saya akan memaparkan beberapa bidang spesialisasi dalam Psikologi, diantaranya.

  • Psikologi Perkembangan (developmental psychology)
Psikologi ini berkaitan dengan bagaimana manusia menjadi diri mereka sendiri, dari konsepsi (kelahiran) sampai kematian. Para psikolog perkembangan memusatkan pada faktor-faktor biologis dan lingkungan yang menyumbang pada perkembangan manusia. Penekaanan utama psikologi perkembangan adalah perkembangan anak, dan beberapa diantaranya kepada psikolog perkembangan orang dewasa dan lanjut usia.

  • Psikologi Kognitif (cognitive psychology)
Psikologi Kognitif adalah bidang psikologi yang meneliti perhatian, kesadaran, pengolahan informasi, dan ingatan. Selain itu, para psikolog dbidang ini juga tertarik dengan keterampilan dan kemampuan kognitif seperti pemecahan masalah, pengambilan keputusan kecerdasan dan sebagainya.

  • Psikologi Kepribadian (personality psychology)
Psikologi di bidang ini memusatkan pada berbagai karakteristik individual yang relatif menetap. Psikologi Kepribadian mempelajari tujuan, motif, genetika, perkembangan kepribadian, dan kesejahteraan. Peneliti dalam bidang ini tertarik mengenai aspek-aspek psikologis yang membuat dri Anda unik.

  •  Psikologi sosial (social psychology)
Psikologi sosial menangani manusia dalam kaitan dengan interaksi sosial, hubungan, persepsi sosial, kognisi sosial, dan sikap. Para psikolog sosial tertarik dengan pengaruh kelompok pada pemikiran dan perilaku individu dan cara-cara kelompok memengaruhi sikap kita dimana kita menjadi anggotanya.

  • Psikologi Industri dan Organisasi
Psikologi industri dan organisasi memusatkan pada tempat kerja, baik pekerja maupun organisasi dimana mereka bekerja. Perhatian para psikolog dibidang ini adalah masalah-masalah personalia dan pengelolaan sumber daya manusia.
  
  • Psikologi Klinis dan Konseling (clinical and counseling psychology)
Psikologi dibidang ini merupakan spesialisasi praktik yang paling luas dalam psikologi. Para psikolog klinis dan konseling mendiagnosis dan menangani orang-orang dengan gangguan-gangguan psikologis. 
  • Psikologi Forensik (forensic psychology)
Psikologi forensik adalah bidang psikologi yang menerapka  konsep-konsep psikologi kepada sistem hukum. Psikolog dibidang ini dipekerjakan oleh tim penasehat hukum untuk memberikan masukan mengenai aspek dalam persidangan. Psikolog forensik dengan latar belakang klinis dapat juga memberikan kesaksian ahli dalam persidangan, terutama terkait dengan permasalahan yang ditanyakan.

  • Psikologi Wanita (psychology of women)
Psikologi bidang ini mempelajari pengaruh psikologis, sosial, dan budaya pada perkembangan dan perilaku wanita. Bidang ini menekankan pada pentingnya mengintegrasikan informasi mengenai wanita dengan pengetahuan psikologis dan keyakinan terkini dan menerapkan informasi tersebut kepada masyarakat dan lembaga-lembaganya.

  • Psikologi Sekolah dan Pendidikan (school and educational psychology)
Psikologi dibidang ini menangani pembelajaran dan penyesuaian anak di sekolah.  Psikolog pendidikan bekerja di sekolah dan perguruan tinggi, mengajar, dan melakukan penelitian mengenai pengajaran dan pembelajaran.

  • Psikologi Kesehatan (health psychology)
Psikologi kesehatan merupakan pendekatan banyak dimensi terhadap kesehatan yang menekankan faktor-faktor psikologis, gaya hidup, dan hakikat sistem pelaksanaan perawatan kesehatan. Para psikolog kesehatan dapat bekerja pada bidang kesehatan jasmani atau jiwa. Selain itu dapat pula melakukan penelitian atau memberikan klinis.

Karier dalam Psikologi.
Beberapa psikolog bekerja di klinis rumah sakit, menjadi dosen, seorang konselor, dosen psikolog, seorang psikolog, penulisa buku ataupun menjadi seorang trainer pada acara seminar psikologi. Biasanya, lulusan psikologi akan melanjutkan sarjana psikolog nya ke jenjang S2 atau S3 untuk lebih terkhusus ke bidang tertentu dalam bidang spesialisasi Psikologi ataupun menjadi seorang Psikolog.

Ingin lebih tau pengalaman kuliah di psikologi dan cerita mereka tau apa itu psikologi? Yuk intip link dibawah ini 
Nabila's Blog
Gio's Blog
Anggita's Blog 

Sumber :
 A.    King, Laura. 2012. Psikologi Umum : Sebuah Pandangan Apresiatif. Buku 1 Diterjemahkan oleh Brian Marwensdy.  Jakarta : Salemba Humanika.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Pages

Text Widget

Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Total Tayangan Halaman

Like on Facebook

Weather

Breaking News

Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara

Formulir Kontak



Followers

Date

Time

More Services

Blogger templates

Blogroll

About

Blogroll

Popular Posts

Copyright © Psychology Note | Powered By Blogger | Published By Gooyaabi Templates
Design by Carolina Nymark | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com