Assalamualaikum :) This is my journal, my activities and experiences, as well as writing science.

Rabu, 07 Juni 2017

Posted by Saras Gusvita on 20.30 with No comments


Pendidikan anak pra sekolah merupakan pendidikan yang diberikan kepada anak untuk belajar mengenal lingkungan luar sosial sebelum masuk ke tahap sekolah yaitu sekolah dasar (SD). Pendidikan anak pra sekolah disebut juga pendidikan anak usia dini (PAUD).

Pendidikan anak usia dini perlu dilakukan karena merupakan hal yang penting dan merupakan tahap perkembangan emas anak sehingga dibutuhkan stimulus selain dari keluarga, selain itu menyadari betapa pentingnya mendidik anak sejak dini sebelum mereka memasuki pendidikan dan dunia sosial yang lebih luas.

Adapun tujuan dari pendidikan anak prasekolah adalah untuk membantu mengembangkan seluruh potensi dan kemampuan fisik, intelektual, emosional, moral seta agama secara optimal dalam lingkungan pendidikan yang kondusif, demokratis, dan kompetitif.

Pendidikan anak prasekolah bukan hanya menjadi tanggung jawab orangtua saja, tetapi masyarakat serta lingkungan turut berperan serta dalam mendidik serta mengenalkan lingkungan sosial luar anak tersebut.

Karena tahap prasekolah merupakan tahap perkembangan emas anak dalam proses belajarnya, anak-anak akan mudah menyerap segala informasi dan hal yang mereka amati sehingga baik peran orangtua maupun lingkungan sangat berpotensi membina dan mengembangkan hal yang baik bagi proses belajar anak.

Adapun pelajaran yang diberikan pada sistem pendidikan pra sekolah tidak hanya melalui perkataan saja, namun justru lebih mementingkan pada bentuk-bentuk permainan edukatif dan kandungan moral yang tinggi. Jadi anak tidak akan merasa terbebani dan tetap bisa melewati masa kanak-kanaknya yang penuh kegembiraan bersama teman-teman sebayanya.

Ciri-Ciri Anak Prasekolah
a. Ciri Fisik Anak Prasekolah
Anak pada tahap prasekolah memiliki ciri-ciri dalam hal tinggi dan berat tubuh. Di masa kanak awal mereka akan mengalami peningkatan berat badan dan tinggi tubuh. Ketika usia mereka bertambah, berat badan dan tinggi tubuh mererka akan mengalami penurunan.

b. Ciri Kognitif Anak Prasekolah
Di masa anak prasekolah, anak di tahap ini memiliki perkembangan kognitif terhadap dirinya. Anak akan mulai merepresentasikan dunia dengan kata-kata dan gambar. Anak juga akan memiliki sifat egosentrisme. Karena melalui kata dan gambar, anak akan merefleksikan pemikiran tersebut melalui bentuk simbolis.

c. Ciri Sosio-Emosi Anak Prasekolah
Selama tahap anak prasekolah atau masa kanak awal, anak mulai dapat memahami situasi yang terjadi dan menimbulkan emosi tertentu, ekspresi atau sikap marah menunjukkan perubahan emosi yang terjadi pada anak, dan dapat mempengaruhi perilaku anak tersebut.
Dalam perkembangan sosial, anak memiliki tahap perkembangan bermain, antara lain.

  • Tingkah laku unoccupied anak tidak bermain dengan sesungguhnya. Ia mungkin berdiri di sekitar anak lain dan memandang temannya tanpa melakukan kegiatan apapun.
  • Bermain soliter anak bermain sendiri dengan menggunakan alat permainan, berbeda dari apa yang dimainkan oleh teman yang berada di dekatnya, mereka berusaha untuk tidak saling berbicara.
  • Tingkah laku onlooker anak menghasilkan tingkah laku dengan mengamati. Kadang memberi komentar tentang apa yang dimainkan anak lain, tetapi tidak berusaha untuk bermain bersama.
  • Bermain pararel anak-anak bermain dengan saling berdekatan, tetapi tidak sepenuhnya bermain bersama dengan anak lain, mereka menggunakan alat mainan yang sama, berdekatan tetapi dengan cara tidak saling bergantung.
  • Bermain asosiatif anak bermain dengan anak lain tanpa organisasi. Tidak ada peran tertentu, masing-masing anak bermain dengan caranya sendiri-sendiri.
  • Bermain Kooperatif anak bermain dalam kelompok di mana ada organisasi. Ada pemimpinannya, masing-masing anak melakukan kegiatan bermain dalam kegiatan, misalnya main toko-tokoan, atau perang-perangan.





0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Pages

Text Widget

Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Total Tayangan Halaman

Like on Facebook

Weather

Breaking News

Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara

Formulir Kontak



Followers

Date

Time

More Services

Blogger templates

Blogroll

About

Blogroll

Popular Posts

Copyright © Psychology Note | Powered By Blogger | Published By Gooyaabi Templates
Design by Carolina Nymark | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com