Assalamualaikum :) This is my journal, my activities and experiences, as well as writing science.

Sabtu, 08 April 2017

Posted by Saras Gusvita on 20.49 with No comments


Saras Gusvita
16-173
Testimoni Perkuliahan Psikologi Pendidikan 
 
Memasuki babak baru di semester 2 ini menuntut saya harus belajar lebih keras. Semua mata kuliah diawali dengan kata “psikologi”. Pastinya lebih menantang dan pengetahuan juga bertambah pastinya.  Salah satu mata kuliah baru yang saya dapatkan adalah mata kuliah Psikologi Pendidikan. Banyak yang mengatakan kepada saya mata kuliah ini hal yang bosan. Tapi, ternyata mata kuliah ini seru dan mudah dimengerti. Banyak hal baru dan pembelajaran yang saya dapatkan dari mata kuliah ini yang baru dipelajari selama 3 bulan pertama. Mata kuliah ini mengajarkan kepada saya bagaimana cara pembelajaran yang baik, metode apa yang bisa kita terapkan dan bagaimana cara mengatasi permasalahan dalam pembelajaran. Psikologi pendidikan menurut saya adalah hal yang penting, disamping nantinya kita sebagai seorang Psikolog, kita juga akan menjadi tenaga pendidik baik itu di Universitas ataupun di sekolah. 

Sebelum mata kuliah berlangsung semua siswa wajib membaca materi, sehingga saat proses kuliah kami diajak untuk aktif dalam pembelajaran. Hal menarik saat proses kuliah adalah, misalnya bagi mahasiswa yang aktif dan memberikan tanggapannya saat mengemukakan pendapat akan diberikan suatu “reward”, itu membuat kami menjadi lebih semangat walaupun masih banyak yang malu dan ragu menjawabnya. Pembelajaran dengan memberikan “reward” adalah salah satu materi yang juga diajarkan kepada kami dalam proses pembelajaran dan penguatan positif disetiap tindakan kami. Dan juga tugas resume beberapa bab agar kami lebih mudah mengingat apa yang telah kami pelajari.

Selain itu, hal yang menarik lainnya adalah adanya tugas observasi. Yap, saya dan teman  lainnya melakukan tugas lapangan ke sekolah yang kami tuju. Pastinya tugas ini menantang karena berbagai kesibukan tugas kuliah dan harus menyesuaikan jadwal kuliah kami agar tidak bentrok, melatih kesabaran dan melatih kepemimpinan kita dalam kelompok. Semua tugas 3 bulan pertama ini adalah hal yang menyenangkan dan bermanfaat. Semoga di 3 bulan yang akan datang saya dapat lebih memahami mata kuliah psikologi pendidikan lebih baik lagi dan diaplikasikan dalam kehidupan dan pembelajaran saya...

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Pages

Text Widget

Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Total Tayangan Halaman

Like on Facebook

Weather

Breaking News

Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara

Formulir Kontak



Followers

Date

Time

More Services

Blogger templates

Blogroll

About

Blogroll

Popular Posts

Copyright © Psychology Note | Powered By Blogger | Published By Gooyaabi Templates
Design by Carolina Nymark | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com